Ketahui Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Bayi Sebelum Menggunakannya - VIDMerch

VIDMerch

News for Your Lifestyle

Post Top Ad

Ketahui Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Bayi Sebelum Menggunakannya

Share This
VIDMerch - Jika saat ini anda masih menempatkan baby walker sebagai salah satu kebutuhan untuk bayi anda yang sedang belajar berjalan, ada baiknya anda mempertimbangkan hal ini sekali lagi. Pasalnya, dibalik persepsi alat yang diyakini bagus untuk bayi ini, tersimpan bahaya penggunaan baby walker yang cukup serius. Tak sedikit memakan korban ribuan bayi di berbagai belahan negara tiap tahunnya. Bahkan yang lebih parah lagi, ratusan diantaranya memerlukan penanganan intensif di unit gawat darurat.

Bahaya Penggunaan Baby Walker



Tak dapat dipungkiri memang kebanyakan kasus yang terjadi tersebut dipicu karena orang tua menginginkan buah hatinya ingin cepat bisa berjalan di usia sedini mungkin dan baby walker jadi pilihannya. Alat yang pada umumnya dijual di toko perlengkapan bayi sebagai mainan edukasi ini memang banyak diyakini bisa membantu si kecil untuk lebih cepat beradaptasi melangkahkan kakinya dan mampu berjalan. Meski terlihat sangat logis, hal ini tidaklah sepenuhnya benar, terdapat bahaya penggunaan baby walker yang bisa mengakibatkan cedera serius hingga terhambatnya proses perkembangan bayi dalam berjalan.

Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Perkembangan Proses Berjalannya


Penggunaan baby walker pada bayi akan banyak menyita waktu bayi dalam menapakan kaki di lantai yang sebenarnya penting. Pengulangan dalam menapakan kakinya di lantai hingga mencoba berdiri merupakan latihan untuk memperkuat otot dan melatih keseimbangan serta motorik mereka.

Saat mereka diturunkan, mereka akan cenderung untuk terus berjingkat karena telah terbiasa dan hal ini bukanlah proses dari berjalannya bayi secara alami. Penggunaan baby walker juga jelas akan menyita waktu mereka untuk merangkak, padahal merangkak penting agar mereka terlatih menggunakan lengan dan bahu dalam bertumpu saat jatuh. Variasi-variasi gerakan yang dilakukan bayi saat proses sebelum merangkak, sedang merangkak, dan latihan berjalan jadi hal yang tak bisa dipisahkan pada tumbuh kembang bayi sehingga membiarkan mereka meluncur di atas baby walker bisa memperlambat proses berjalannya.

Bahaya Penggunaan Baby Walker yang Memungkinkan Terjadinya Cedera


Anggapan umum yang ada di benak orang tua adalah baby walker bisa membuat bayinya sibuk sehingga bisa ditinggal untuk melakukan pekerjaan lain terlebih dulu. Faktanya, kelalaian orang tua yang menginggalkan bayinya luput dari pengawasan bisa menjadi sebuah malapetaka bagi si kecil. Beberapa kasus yang banyak terjadi pada lalainya pengawasan orang tua saat bayi menggunakan baby walker diantaranya:

  • Terjepitnya jari saat bayi memegang ujung penyangga dan jatuhnya benda saat bayi menabrak dinding atau perabot rumah.
  • Bagi yang memiliki tangga di rumah, sekalipun tangga rendah, akan meningkatkan resiko bayi tergelincir dari baby walker yang bisa berakibat gegar otak atau retak tulang.
  • Tergulingnya bayi hingga tersungkur saat meluncur karena keseimbangan bayi yang belum memadai.
  • Berada di atas baby walker memungkinkan bayi meraih benda-benda berbahaya yang ada disekitarnya, seperti pisau, obat-obatan, hingga air panas.


Meski kini beberapa produsen telah melakukan pengembangan terhadap produk baby walker mereka dengan memperbarui fitur dan standar keselamatan seperti adanya penyesuaian roda agar mampu berhenti saat alat meluncur tak terkendali, namun tetap saja hal ini tak menghilangkan resiko cedera yang mengintai.

Untuk para orang tua, akan lebih bijak dan tepat jika anda tidak memberikan bayi anda alat semacam ini karena bahaya penggunaan baby walker yang telah kita bahas di atas bukanlah hal yang sepele. Sebagai pilihan alternatif lain, anda bisa mengajak bayi untuk terus bergerak aktif secara bebas di lantai yang bersih. Dengan pengawasan yang memadai biarkan dia berlatih merangkak, duduk, hingga menjalani proses jatuh bangun untuk berjalan. Anda juga bisa membantunya dengan memegang kedua lengan sambil mengajaknya melangkahkan kaki untuk berjalan yang dirasa lebih aman dibanding menggunakan baby walker.

Demikian tadi, sekelumit yang harus anda Ketahui Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Bayi Sebelum Menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan mudah dimengerti

Post Bottom Ad