6 Manfaat permainan Kubik untuk anak Lebih Cerdas - VIDMerch

VIDMerch

News for Your Lifestyle

Post Top Ad

6 Manfaat permainan Kubik untuk anak Lebih Cerdas

Share This
VIDMerch - Jika berbicara mengenai dunia anak, hampir sebagian besar kegiatan harian mereka isi dengan cara bermain dan belajar mengenali lingkungan sekitar. Di masa-masa tumbuh kembang seperti inilah anak banyak belajar dan mengembangkan kecerdasan mereka. Para orang tua juga harus tahu, jika masa-masa seperti ini bisa dimanfaatkan dengan baik melalui permainan edukasi, seperti halnya kubik. Tak hanya seru untuk dimainkan, manfaat permainan kubik untuk anak ini juga banyak dalam melatih kecerdasan intelegensi, emosional, dan motoriknya.


Untuk anda para orang tua yang penasaran dengan manfaat permainan yang mulai populer di tahun 90’an ini, berikut sekelumit ulasan tentang manfaat dari permainan yang cukup menguras otak ini bagi anak.

Melatih Kecerdasan Emosional

Permainan yang memiliki beragam jenis mulai dari kubus hingga limas ini memiliki beragam tingkatan jenis kesulitan tergantung dari banyaknya unit penyusunnya. Namun untuk anak, pada umumnya anda bisa memberikan permainan kubik 3x3 yang cukup mudah untuk diselesaikan si kecil yang masih pemula. Meski tak terlalu susah, dalam penyusunan warna agar menjadi sama, si kecil perlu melatih ketekunan dan kesabarannya dalam menyelesaikan teka-teki permainan kubik tersebut. Di sini kecerdasan emosionalnya akan terlatih dengan baik.

Meningkatkan Kosentrasi Berpikir

Saat berusaha menyelesaikan permainan kubiknya pasti anak akan cenderung untuk berkonsentrasi dan tak mudah untuk teralihkan oleh hal-hal lain disekitarnya. Dengan cara ini anak akan terbiasa untuk fokus terhadap sebuah hal dan menyelesaikannya sehingga tak mudah terganggu. Dengan begitu dia akan menjadi pribadi yang lebih fokus dan cepat mempelajari sesuatu.

Melatih Koordinasi Motorik

Manfaat permainan kubik untuk anak selanjutnya adalah untuk melatih koordinasi otak dengan motorik. Saat mencoba untuk menyelesaikan kubik dengan cara memutar dan menggerakkan sisinya, anak akan berpikir dan melakukan tindakan yang selaras dengan pikirannya sehingga koordinasi gerakan tangan lebih cepat dan tepat.

Melatih Tingkat Kesabaran

Kerumitan permainan rubik menjadi salah satu tantangan yang dapat mengasah kesabaran si kecil. Jika dia mampu untuk tetap konsisten dalam menyelesaikan dan tak cepat putus asa apabila dia menghadapi kesulitan dan kegagalan, maka hal ini akan menjadi pertanda yang baik agar dia menjadi seorang yang memiliki perhitungan jitu dan tak gampang menyerah. Manfaat permainan kubik untuk anak dalam hal kesabaran tersebut tentu juga akan membuat orang tua lebih tenang karena si kecil tak gampang merengek karena hal-hal sepele.

Meningkatkan Kreatifitas

Warna kubik yang cenderung cerah dan berwarna tebal akan menstimulasi otak anak untuk bisa membayangkan warna dan bentuk di dalam pikiran anak dengan cara memvisualisasikannya. Kemampuan anak dalam membentuk objek dan menentukan pergerakannya di dalam pikiran akan membuatnya menjadi anak yang lebih kreatif. Selain itu, manfaat permainan kubik untuk anak datang dari kombinasi warna yang bisa dimunculkan sehingga bisa membuatnya lebih mudah mengenali warna diusianya yang masih dini.

Melatih Kemampuan Otak Kanan

Sejalan dengan point sebelumnya, rubik memang sangat bagus dalam mengembangkan otak sebelah kanan. Mengingat pada bagian otak sebelah kanan inilah manusia menggunakannya sebagai pusat imajinasi, seni, dan berkreatifitas.

Itulah tadi enam poin mengenai manfaat permainan kubik untuk anak yang faktanya sangat baik dalam meningkatkan perkembangan otaknya. Oleh karena itu, para orang tua tak usah risau dengan anaknya yang gemar bermain karena mereka hanya perlu diarahkan dan diberikan media agar kegiatan bermain mereka lebih bermanfaat.

Demikian tadi sekelumit tentang 6 Manfaat permainan Kubik untuk anak Lebih Cerdas.

2 komentar:

  1. Dulu emang sering maen kubik sampe berjam jam cuman buat beresin semua warna:v tapi sekarang orang udah jarang maen kubik, tergantikan dengan game mobile yang serba online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum bisa beresin warna Kubik smpe skrg, :V

      Hapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan mudah dimengerti

Post Bottom Ad